PERUBAHAN SOSIAL

November 18, 2010 at 6:26 am (Uncategorized)

Pengertian perubahan sosial, menurut ”Gillin and Gillin” adalah suatu variasi dan cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi (penemuan- penemuan baru dalam masyarakat).

Menurut ”Rogers”, perubahan sosial melewati beberapa tahap, diantaranya :

  1. Invensi, yaitu suatu situasi atau kondisi seseorang untuk bisa menciptakan ide. Ide tersebut bisa datang dari bahan pustaka, penelitian orang lain atau tulisan orang lain.
  2. Adopsi, yaitu suatu proses yang menunjukkan bahwa informasi tersebut bisa diterima oleh individu maupun masyarakat.
  3. Konsekuensi, yaitu keadaan individu atau masyarakat untuk bisa menerima atau menolak terhadap perubahan tersebut.

Proses perubahan masyarakat (social change) terjadi karena manusia adalah makhluk yang berfikir dan bekerja. Selain itu manusia juga selalu berusaha untuk memperbaiki nasibnya dan sekurang-kurangnya berusaha untuk mempertahankan hidupnya.

Dalam keadaan demikian, terjadilah sebab-sebab perubahan (menurut ”Robert L.  Sutherland, dkk.) yaitu :

1.      Inovasi (penemuan baru/perubahan)

2.      Invensi (penemuan baru)

3.      Adaptasi (penyesuaian secara sosial dan budaya)

4.      Adopsi (penggunaan dari penemuan baru/teknologi)

Telah dinyatakan, bahwa perubahan masyarakat dalam abad ini terutama disebabkan oleh kemajuan teknologi yang tidak lain merupakan hasil kemajuan ilmu pengetahuan (mental) manusia itu sendiri.

Jadi, sekarang manusia harus mengikuti perubahan teknologi dengan akibat peradaban masyarakatnya tanpa mengarahkannya pada kemunduran (regress) tetapi menjadikannya suatu kemajuan (progress) untuk manusia.

Selanjutnya, tidak semua penemuan baru/modernisasi mengalami penyebaran (diffusion) dan penggunaan (adoption), sehingga karenanya kemajuan teknologi kadang-kadang juga tidak mengakibatkan perubahan masyarakat.

Salah satu dasar agar perubahan masyarakat dan kemajuan teknologi dapat dipergunakan untuk kemajuan sosial adalah, bahwa penggunaan penemuan baru diadakan dalam masyarakat yang sudah disiapkan untuk mengadakan kemajuan masyarakat yang diinginkan.

Perubahan social yang sering terjadi adalah seorang remaja yang lebih senang berhadapan dengan computer daripada harus berbicara dengan keluarganya. Menurutnya berlama – lama dengan computer lebih menyenangkan, banyak yang bisa dilakukan seperti bermain game atau memasuki situs – situs jejaring seperti facebook yang kini sedang marak diperbincangkan oleh semua usia termasuk oang tua.

Seperti yang terjadi belakangan ini penculikan lewat facebook atau memaki seseorang lewat status difacebook.

Dampak negative banyak didapat oleh remaja yang belum bisa menentukan mana yang baik atau yang buruk dari teknologi yang di gunakannya, dan peran orang tua sangatlah penting.

Teknologi bisa menjadi berguna dan baik apabila kita memfungsikannya secara benar dan sesuai tetapi bisa akan manjadi negative apabila kita tidak tahu dan menyalahgunakannya kemajuan teknologi.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

http://wapedia.mobi/id/Perubahan_sosial

http://www.google.com

http://www.altavista.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: