BAB IV TUJUAN dan FUNGSI KOPERASI

November 3, 2009 at 5:53 am (Uncategorized)

¢     Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)

¢     Mampu untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya

¢     Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa

¢     Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system)

Koperasi

¢     Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented

¢     Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)

¢     Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)

¢     Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan

 

Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi

¢     Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.

¢     Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.

¢     Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi  yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.

Kegiatan Usaha

¢     Key success factors kegiatan usaha koperasi :

l      Status dan motif anggota koperasi

l      Bidang usaha (bisnis)

l      Permodalan Koperasi

l      Manajemen Koperasi

l      Organisasi Koperasi

l      Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)

Status & Motif Anggota

¢     Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)

¢     Owners : menanamkan modal investasi

¢     Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal

¢     Kriteria minimal anggota koperasi

l      Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi

l      Memiliki pola income reguler yang pasti

 

 

 

 

 

Bisnis Koperasi

 

¢     Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

¢     Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale).

¢     Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: